Dinkop UKM Luncurkan Program Pelatihan dan Inkubasi Kewirausahaan untuk Sejumlah SMK di Karawang

Dinkop UKM Luncurkan Program Pelatihan dan Inkubasi Kewirausahaan untuk Sejumlah SMK di Karawang

Dinkop UKM Karawang Luncurkan Program Pelatihan dan Inkubasi Kewirausahaan untuk Sejumlah SMK di Karawang--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang meluncurkan Program Pelatihan dan Inkubasi Kewirausahaan untuk sejumlah SMK di Karawang. Program ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan para lulusan sekolah terhadap sektor industri dan mendorong tumbuhnya wirausahawan muda.

"Rasio wirausaha di Indonesia saat ini baru mencapai 3,47 persen. Padahal, untuk menjadi negara maju, setidaknya kita membutuhkan minimal 4 persen wirausahawan," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Dindin Rachmadhy, Selasa (15/10/2024).

Dindin menjelaskan, program ini merupakan langkah inovatif untuk menghadapi keterbatasan daya serap sektor industri dan mengarahkan perubahan orientasi siswa menjadi wirausahawan mandiri yang siap bersaing di pasar global.

BACA JUGA:Gawat! Kasus HIV di Karawang Terus Meroket, Mulai Hantui Kalangan Remaja

BACA JUGA:Dua Kasus Mafia Tanah di Kabupaten Bekasi Terungkap, Rugikan Negara Hingga Miliaran Rupiah

"Karawang sendiri, kebutuhan untuk mendorong pertumbuhan wirausaha sangat mendesak, terutama untuk mengurangi pengangguran dan memanfaatkan potensi SDM lokal di tengah pesatnya perkembangan daerah," tambah Dindin.

Amih Nurdinasari, Pejabat Fungsional Pengembangan Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Karawang dan koordinator program, menekankan pentingnya perencanaan jangka panjang dalam pengembangan wirausaha. "Kewirausahaan itu tidak bisa dibentuk secara cepat, tapi melalui proses pembinaan yang berkelanjutan," jelas Amih.

"Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengembangkan program yang terstruktur, dengan perencanaan jangka panjang dan dukungan penuh dari berbagai aspek, seperti infrastruktur, regulasi, dan kebijakan pemerintah. Dengan cara inilah kita bisa menciptakan wirausahawan muda yang tangguh dan siap menghadapi perubahan besar di era revolusi industri 5.0," tutup Amih.

BACA JUGA:Deklarasi Dukungan, Speed Kota Bekasi Siap Menangkan Pasangan ASIH di Pilgub Jabar 2024

BACA JUGA:AHY Diminta Jalankan Peran Strategis di Kabinet Prabowo-Gibran

Seluruh peserta program pelatihan ini akan mendapatkan pelatihan selama dua hari dan akan didampingi selama dua bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: